SEKOLAH???? BUAT APA????

ditulis tanggal 13 Desember 2008

Cihuuyy,, ini postingan pertamaku di blogku nii..

Yup, kenapa aku pilih topik ini? Karena di kehidupanku, setiap harinya kuhabisin 8 jam di tempat ini. Keluarga keduaku ada di sini. 80% dari pikiranku adalah tentang sekolah. Apa yang kuperjuangkan selama ini adalah buat pendidikanku.

Buanyyyaaaakkk banget anak yang tanya, buat apa si sekolah? Banyak yang nganggep aktivitas pergi ke sekolah adalah hal yang sangat menyebalkan, sangat membosankan, dan sangat membuang waktu.

Kita musti ketemu guru yang judes, sering ngasih tugas seabrek, ulangan mendadak, dll. Kita juga sering nemuin anak-anak golongan Clique yang nyuebelin banget. Amit-amit dah pokoknya kalo sampek ketemu mereka. Macem-macem karakter yang sering bikin engap bisa kita temuin di sini.

Dan masalah yang paling mengenaskan adalah kita harus melewati ujian yang terus menerus diadain. Coba deh! Dari kelas 1 SD sampek kelas 12 SMA, udah berapa ulangan yang kalian harus adepin? Ada ulangan Semester, Mid Semester, dan ada jugax yang paling menjijikkan yaitu ulangan REMIDI. Udah gitu, yang bikin paling stress adalah UJIAN AKHIR NASIONAL. Kalox ini udah gak kebayang deh gimana perjuangan kita buat ngelaluin yang satu ini. Segala cara kita tempuh biar bias lulus..

Nah, udah cukup yang jelek-jeleknya. Sekarang kita liat dari sudut yang lain. Aku mau tanya, Ada nggak di antara kalian yang sekarang ini pingin menyerah sama hal-hal tadi dan pingin banget putus sekolah?
Kalo ada yang jawab iya, aku mau tanya lagi.. Yakin ni??? Terus kalau kalian putus sekolah, kalian mau ngapain?? Mau kerja?? Emang umur kalian sekarang berapa??
Yang ada kalian malah dieksploitasi.. hiiiii…

Sekarang gini deh, bayangin aja kalo kalian gak pernah sekolah dari kecil. Ada beberapa pertanyaan buat kalian.
1. Apa kalian bakal dapet banyak temen? Apa kalian mampu bersosialisasi secara luas kaya sekarang ini? Apa kalian bisa kenal sama orang yang asalnya dari lain kecamatan atau bahkan lain pulau? Apa kalian bisa kenal sama pacar-pacar kalian saat ini? Hhee..
2. Apa yang bakal jadi aktivitas utama kalian?
3. Apa yang bakal jadi pondasi kehidupan kalian kelak?

Yaa.. pokoknya coba kalian pikir sendiri aja deh. Seandainya kalian gak mengenyam pendidikan di sekolah sama sekali tu gimana jadinya.

Buatku semdiri si, sekolah itu nggak sekedar nenteng-nenteng tas yang isinya buku paket tiap hari dari jam 7.00 sampek jam 02.00. Sekolah itu nggak sekedar nyalin apa yang ada di papan tulis dan ngapalin rumus fisika. Sekolah itu jauh lebih berharga.

Aku bukan tipe orang yang jenius si,, jadi aku juga nggak terlalu holic sama pelajarannya. Tapi, satu hal yang begitu luar biasa ku dapetin di sekolah adalah gambaran kecil kehidupan. Sekolah itu buat latihan menghadapi berbagai macam karakter orang. Sekolah itu mrngajarkan kita tentang kompetisi. Sekolah itu mengajak kita untuk berpikir untuk terus lebih maju dari hari ke hari. Otomatis lah! Masak iya dari kelas 1 nyampek kelas 12 kita mau belajar 1+1=2 terus?

Yaa,, intinya gimana kita terus berpikir positif aja. Toh, mau nggak mau, suka nggak suka, mampu nggak mampu, kita mesti sekolah. So, daripada tenaga kalian diapakex buat berusaha melawan arus ini, mending dipakex buat mikir gimana kita bias mengarungi arus ini sebaik-baiknya.

Isi perahu dengan perbekalan yang cukup dan bersiap-siap menghadapi badai yang sering kali menerpa. Jangan patah semangat! Kalo Laskar Pelangi bisa, kenapa kita enggak? Kita kan sama-sama manusia. Mereka punya semangat juang, jadi kita juga harus punya dong..
Hhheee… Don’t give Up ya,,,

Ini tambahan comment seorang anak dari Malaysia (namanya FINI) yg baca blog jaman bahulaku itu :

hum…tht’s ryt!
We hv to go to school…
though sometimes we feel bored or blase with it…hehe…
bcoz of it,ppl will not called us stupid and we can know something that we didn’t know before…

humm…actually,I also at the same opinion with others-hate school…
but,when I read this,I feel so excited to back to school as I’m in holidays now…
and next year,I’ll hv an important exam….
hope I’ll pass all the subject and get all A’s…
hehe…

~ orang yg comment ini bisa baca bahasa Indonesia, tapi kalo nanggepin bisanya pake bahasa Inggris.. tadinya kan aku suuzan sama dia.. INI ORANG INDONESIA SONGONG BANGET SI PAKE BAHASA INGGRIS SEGALA COMMENTNYA.. Eh, tapi ternyata orang Malaysia… Afwan ya ukhti… Makasih udah comment dan semoga ada lebih banyak orang yg excited pergi ke sekolah setelah baca tulisanku ini.. hehehehehe… ^^v ~

One thought on “SEKOLAH???? BUAT APA????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s