About Rie

Buat orang-orang yg sering merasa teriritasi atas kelakuan/kata2 saya, hmm.. mungkin kalian hanya perlu sedikit mengerti kenapa saya berbuat demikian.. ini hasil tes psikologi yg saya ambil di http://www.ipersonic.com/id/type/15.html dimana saya menemukan kalau kecenderungan saya adalah berpikir secara analitis.

Tipe Pemikir Analitis adalah orang-orang pendiam dan tidak banyak bicara. Mereka suka menggali hingga ke dasar masalah – rasa ingin tahu adalah dorongan terbesar mereka. Mereka ingin tahu apa yang menyatukan dunia jauh di dalamnya. Mereka tidak butuh lebih banyak untuk kebahagiaan mereka karena mereka adalah orang-orang yang rendah hati. Banyak ahli matematika, filsuf, dan ilmuwan merupakan tipe ini. Tipe Pemikir Analitis tidak suka kontradiksi dan ketidaklogisan; dengan kecerdasan mereka yang tajam, dengan cepat dan menyeluruh mereka menangkap pola, prinsip, dan struktur. Secara khusus mereka tertarik dengan sifat mendasar segala hal dan penemuan-penemuan teoritis; bagi mereka, tidak penting apakah mereka harus menerjemahkannya menjadi tindakan-tindakan praktis atau membagi pemikiran mereka kepada orang lain. Tipe Pemikir Analitis suka bekerja sendiri; kemampuan mereka untuk berkonsentrasi lebih menonjol dibanding tipe kepribadian yang lain. Mereka terbuka dan tertarik pada informasi baru.

Tipe Pemikir Analitis hanya memiliki sedikit ketertarikan pada masalah sehari-hari – mereka selalu agak seperti “profesor linglung“ yang rumah dan tempat kerjanya berantakan dan hanya mengkhawatirkan diri sendiri dengan hal-hal dasar seperti kebutuhan fisik ketika hal itu menjadi sangat tidak bisa dihindarkan. Pengakuan atas karya mereka oleh orang lain juga memegang peranan penting bagi mereka; secara umum, mereka cukup mandiri dalam hubungan sosial dan sangat mengandalkan diri sendiri. Oleh karena itu tipe Pemikir Analitis sering memberi kesan kepada orang lain bahwa mereka arogan atau congkak – terutama karena mereka tidak ragu untuk melontarkan isi kepala mereka dengan kritik mereka yang biasanya pedas (sekalipun beralasan) dan rasa percaya diri mereka yang tak tergoyahkan. Orang-orang di sekitarnya yang tidak kompeten tidak akan lolos dengan mudah dari mereka. Namun barangsiapa berhasil memenangkan rasa hormat dan ketertarikan mereka akan mendapatkan orang yang jenaka dan sangat cerdas untuk diajak berbincang. Pasangan yang membuat seseorang takjub dengan pengamatannya yang tajam dan selera humornya yang getir.

Butuh waktu sebelum tipe Pemikir Analitis bisa berteman, namun biasanya mereka akan berteman seumur hidup. Mereka hanya butuh sedikit orang di sekitar mereka. Kemampuan yang paling penting bagi mereka adalah kecocokan dan dengan demikian memberi mereka inspirasi. Kewajiban sosial yang terus-menerus dengan cepat membuat mereka jengkel; mereka butuh banyak waktu sendiri dan sering menarik diri dari orang lain. Pasangan mereka harus menghargai ini dan mengerti bahwa ini bukan karena kurangnya kasih sayang. Begitu mereka sudah memutuskan menyukai seseorang, tipe Pemikir Analitis adalah pasangan yang setia dan dapat diandalkan. Namun demikian, Anda jangan mengharapkan romansa dan ekspresi perasaan berlebih dari mereka dan mereka jelas akan lupa ulang tahun pernikahan mereka. Namun mereka selalu siap menyambut malam yang diisi dengan perbincangan menggairahkan dan semangkok es krim lezat.

Sifat-sifat yang menggambarkan tipe ini: introvert, teoritis, logis, spontan, rasional, analitis, cendekia, skeptis, pemikir, kritis, idealis, tidak banyak bicara, tajam, mandiri, kreatif, inventif, abstrak, eksentrik, ingin tahu, pendiam, sibuk sendiri, imajinatif, tidak mudah bergaul, penuh tekad, rendah hati, cermat, tidak mudah berkomunikasi, jenaka.

————————————————–

————————————————–

Ya, itulah gambaran mengenai saya kurang lebihnya.. semoga masih ada orang2 yang bisa menerima saya lahir batin. Itulah kenapa saya sering diam dan menjauh dari komunitas sosial biasa. Saya sadar diri kalo saya itu tukang kritik, jadi saya berusaha meminimalisasi bertemu dengan orang yang tidak mengenal saya agar tidak terjadi bentrokan… 🙂

Jazakumulloh Khoiron Katsirr..

Advertisements

15 thoughts on “About Rie

  1. idih.. apa lagi ni poligami2 segala…. haha….
    cukuplah berbagi ilmu saja…

    tolong jelaskan kenapa politik itu bisa menjadi sangat penting dan menjadi tujuan utama sekarang ini… saya udah mikir2 terus tapi menemukan sebuah kesimpulan yg tidak logis… :p

    “Tipe Pemikir Analitis tidak suka kontradiksi dan ketidaklogisan;”

  2. Assalamu’alaikum wr.wb..
    salam kenal mbak,saya Johan metal 2010..
    Blog nya benar2 bermanfaat dan ada yang menggugah buat saya mbak…Kayaknya dari sini saya dapet inspirasi buat nulis n ngisi blog saya ntar sbagai newbie,,hehe,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s