Dian Pelangi, Khanaan Shamlan, dan Pekalongan

I’m so proud of Dian Pelangi! Postingan pertamanya di Instagram setelah fashion show nya di London Fashion Week bawa-bawa nama Pekalongan! Haha…

Screen Shot 2016-02-20 at 22.16.55

Sebagai orang Pekalongan yang tinggal di Inggris, saya ikut berbahagia atas salah satu pencapaian Dian Pelangi di negara ini. Bisa ikut LFW adalah sebuah langkah besar bagi disainer2 di dunia ini. Saya sudah menunggu dari dulu agar Indonesia bisa setidaknya unjuk gigi di dunia fashion internasional karena kerajinan tekstil kita luar biasa ragamnya. Alhamdulillah saya melihat salah satu impian saya untuk bangsa ini direpresentasikan oleh seseorang yang berakar fashion dari kota asal saya (note : DP lahir di Palembang, tapi pernah sekolah di Pekalongan dan sampai saat ini orang tuanya masih di Pekalongan).

Selain Dian Pelangi, Pekalongan juga melahirkan seorang disainer bernama Khanaan Shamlan. Khanaan masih sama mudanya dengan Dian Pelangi dan busana rancangannya juga luar biasa cantik. Alhamdulillah kemarin waktu saya menikah, saya bisa memakai busana rancangan Khanaan. Khanaan ini bisa saya bilang secara karier masih ‘adiknya’ Dian Pelangi. Kalau di Jakarta, Khanaan sudah cukup terkenal. Bahkan busana rancangannya sudah dipakai oleh artis-artis Indonesia semacam Dewi Sandra, Laudya Chintya Bella, Okky Asokawati, Ayu Ting-Ting, dll. Untuk urusan Go International pun Khanaan juga pernah ikut menampilkan rancangannya di Heya Fashion, Qatar.

Screen Shot 2016-02-20 at 22.21.35

Rancangan Dian maupun Khanaan lebih mengarah ke haute couture, meski ada sedikit disain untuk ritel. Setahu saya untuk Dian Pelangi koleksinya cuma ada butik-butiknya dan di La Fayette(?). Sedangkan Khanaan punya dua butik, di Cipete Raya Jakarta dan di Pekalongan (Ada butik Khanaan dan Batik Luza).

Kemarin waktu saya pesan baju pengantin, saya beberapa kali ke butiknya yang di Cipete. Saya sempat 4 kali lihat baju pengantin di 4 tempat yang berbeda; Sanggar Liza(Tebet), Ancha Wedding(Cinere), Ayu Dyah Andari (FX), dan Khanaan. Pilihan saya kemudian jatuh di Khanaan karena beberapa pertimbangan. Sebenarnya saya sendiri gak terlalu aware dengan dunia fashion, baik couture atau retail. Namun khusus pada pernikahan saya, saya berprinsip bahwa baju pengantin saya Tidak Boleh dipakai orang lain. Untuk itu saya memilih membeli baju baru, bukan sewa perdana, apalagi sewa. Saya juga pengen pakai baju yang benar-benar tertutup. Saya tidak mau pakai baju kebaya yang dilapis dengan manset warna kulit. Untungnya prinsip estetika + syari + keras kepala ini bisa saya dapatkan dengan budget saya. Waktu itu badan saya juga diukur langsung sama Khanaan, ruas per ruas, jadi berasa pas banget dipake di badan saya.

Ini baju rancangan Khanaan yang saya pakai.

Oiya ternyata setelah saya menikah, saya baru tahu ternyata model baju dengan potongan dress yang kaku (tapi bukan seperti ball gown) dan motif yang lebih bold berukuran besar lagi ngetrend. Elie Saab, salah satu perancang mode paling terkenal seantero jagad, juga punya disain begini dan bajunya dipakai sama Rachel McAdams (tapi jelas bagusan punya diaaaa). Hahahahaaa…

elie saab

Intinya saya seneng banget karena perancang-perancang Indonesia sudah ada yang Go International. Sayang sekali pemberitaan di Indonesia kurang banter ya. Kalo sesuatu yang kontroversial semacem LGBT semua pada ribut, tapi ini ada orang berprestasi di luar dan mempromosikan sesuatu yang bernafaskan Islam malah pada diem. Pfftttt… 

Saya berdoa semoga hijab fashion Indonesia bisa semakin terkenal. Industri mode seperti ini jelas akan membuka banyak lapangan kerja untuk grassroot. Saya juga berharap semoga ada perancang2 hijab Indonesia yang bisa eksis di galeri semacam Bergdorf Goodman dan bisa lebih sering tampil di Milan, Paris, NY, London, etc. Alangkah membanggakannya kalau Indonesia bisa jadi pusat mode muslim dunia! 

Sekali lagi selamat buat Dian Pelangi! Semoga sukses juga untuk Khanaan dan perancang-perancang Indonesia lain yang sedang berusaha mengharumkan nama Indonesia ke kancah internasional.

Leave a Reply

