Kenapa Harus Masuk UI??

Apa kabar adek-adek kelas 12 SMA Se Indonesia? Wah pasti lagi deg2an banget ya buat menghadapi Ujian Akhir Nasional maupun Ujian Akhir Sekolah yang akan diadakan beberapa bulan lagi. Tapi, kayanya gak cuma itu tanggung jawab yang kalian emban sebagai pelajar kelas 12 SMA. Inget kan kalian harus dapet perguruan tinggi buat meneruskan langkah menuju cita-cita kalian? Apa kalian udah memikirkan mau masuk universitas apa dan jurusan apa?

Kalian sebenernya gak usah bingung-bingung mau lanjut kemana karena kalian cuma punya 3 pilihan setelah lulus SMA nanti,, jadi silakan pilih aja dari 3 pilihan berikut

a. Masuk UI

b. Masuk UI

c. Masuk UI

Yaa… Kok pilihannya sama semua? Nah, kalian harus tahu dulu kenapa mesti memprioritaskan UI untuk lanjut pilihan hidup kalian selanjutnya. Yuuk mengenal UI lebih dekat…

1. UI terletak di daerah ibukota Indonesia. Akses terhadap banyak hal jadi mudah. Kalian gak usah takut susah cari buku karena kita bisa gampang ke pusat-pusat penjualan buku di Jakarta. Kita juga lebih leluasa buat pulang kampung karena banyak banget transportasi yang mengarah langsung ke Ibukota. Dan asiknya lagi, kita bisa sering-sering dateng kalau ada Pameran Beasiswa di Jakarta.

2. UI punya seabrek pengajar berkompeten. Kita punya banyak banget Bapak dan Ibu Profesor yang ahli dalam bidangnya dan siap berbagi ilmu dengan kita. Kalian tahu bahwa banyak orang berhasil yang lebih memilih berdomisili di Jakarta karena Jakarta menyediakan lebih banyak lapangan kerja. Untuk itu UI gampang banget dapetin tenaga pengajar yang berkompeten. Lihatlah beberapa pengajar UI yang sudah tidak usah diragukan seperti Bapak Agus Martowardoyo (Menteri Keuangan RI), Prof. Emil Salim (Mantan Menteri Lingkungan Hidup), dsb. Sering juga ada kuliah umum dari orang-orang ternama seperti Bapak B.J. Habibi (Mantan Presiden Indonesia) dan Bapak KH. Said Aqil Siroj (Ketua Umum PBNU). Bisa dikatakan UI cukup mengobati jiwa2 yang haus ilmu.

3. UI adalah kampus nomor 15 terhijau sedunia. Kalian bakalan jauh dari yang namanya polusi udara kalo ngampus di UI. Kita bisa berangkat kuliah sambil naik Sepeda Kuning menyusuri hutan UI atau danau UI. UI punya suasana yang enak dan adem banget deh pokoknya. Cobain aja lewat Jembatan Teksas UI dan rasakan keindahannya. Waktu itu pernah ada akademisi dari Jepang dateng ke UI dan dia bilang UI itu gak kaya kampus, tapi lebih mirip Resort(Tempat wisata-red). 😀

4. UI adalah kampus idaman puluhan ribu bahkan ratusan ribu lulusan SMA se-Indonesia. Jadi, kalian bakal punya banyak temen dari Sabang sampai Merauke. Pokoknya lengkap banget deh semua suku dan budaya akan tumplek blek di UI. Tentunya mereka bisa menambah jaringan kita yang pasti berguna banget di masa depan.

5. UI adalah kampus yang terkenal dengan JAKET KUNINGnya yang artinya kami memiliki Gerakan Mahasiswa yang sangat dinamis. Cakupan link dan networking mahasiswa-mahasiswi UI udah sampai ke kancah Internasional lo.. Kalian bisa punya kesempatan jalan-jalan ke luar negeri sambil mengharumkan almamater dan nama Indonesia. Kalian juga bisa berkontribusi secara nyata untuk mengadakan perubahan secara fundamental dalam rakyat dan pemerintah kita sendiri kalo ngikut kegiatan-kegiatan mahasiswa yang ada di UI.

6. UI punya banyak beasiswa. Kalian gak usah takut dengan rumor yang bilang kalo UI itu mahal karena dari UI sendiri, Pemerintah, dan ada juga banyak perusahaan yang mau memodali para mahasiswa-mahasiswa UI yang punya hasrat untuk menjadi pemegang bara panas peradaban kelak. Mereka percaya bahwa beasiswa yang mereka kucurkan berada di tangan2 yang tepat. Kepercayaan itu dijaga terus menerus oleh kakak-kakak senior kita yang sudah menunjukkan banyak prestasi gemilang di UI.

7. UI bekerja sama dengan banyak Universitas-Universitas ternama di luar negeri. Kalian bisa dapet kesempatan lebih untuk melakukan pertukaran mahasiswa. Universitas seperti Tokyo Tech cuma melakukan kerjasama pertukaran mahasiswa dengan 2 Universitas ternama di Indonesia, dan salah satunya adalah UI. Selain pertukaran pelajar, kalian juga bisa lebih mudah lanjut S2 di Universitas2 tersebut. Insya Allah mahasiswa UI bisa punya kesempatan yang lebih luas untuk mengembangkan sayapnya sampai ke tingkat global.

8. UI punya banyak UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang menunjang potensi yang dimiliki mahasiswa. Kita punya yang namanya Paduan Suara Paragita, Orkestra Mahawaditra, Liga Tari, dsb untuk bidang seni. Sedangkan di bidang olahraga ada basket, hoki, voli, futsal, bela diri, dsb. Belum lagi ada Pers Mahasiswa, Klub Debat, Klub Robotik, dan masih banyak lagi.

9. Lulusan UI dipercaya oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Menjadi lulusan Perguruan Tinggi Negeri yang memiliki reputasi baik di perusahaan-perusahaan membuat kita akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan ketika sudah lulus kelak.

10. UI punya banyak fasilitas penunjang seperti Perpustakaan Pusat yang dilangsir akan menjadi perpustakaan paling besar se Asia Tenggara, Pusat Kesehatan Mahasiswa, Bis Kuning untuk transportasi gratis mahasiswa, Asrama Mahasiswa, Stadion Bola, Science Park, Koneksi Hotspot super(Bandwith terbesar untuk Institusi pendidikan di Indonesia), dsb.

11. UI punya sistem  pendidikan multidisiplin dimana kalian bisa mengambil mata kuliah lintas Fakultas. Dengan sistem tersebut, semisal kalian berada di Fakultas Teknik, kalian tetap bisa belajar bisnis di Fakultas Ekonomi atau belajar Politik di Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik. Asik bukan? Kita bisa memiliki wawasan yang lebih luas dan punya teman yang lebih beragam.

Setelah mengenal UI lebih dekat, AYO MANTAPKAN TEKAD UNTUK MASUK UI!! Berbagai manfaat luar biasa bisa kalian dapat disini, pengalaman yang sungguh menakjubkan bisa menjadi bagian dari Universitas Indonesia. Kalian harus merasakan bagaimana menyenangkannya bisa berada di tengah-tengah pusat peradapan keilmuan Indonesia, bisa hidup di tempat yang menyediakan berbagai macam ilmu dan wawasan, bisa berkumpul dengan orang-orang yang memiliki cita-cita besar, dan menjadi pejuang-pejuang di lini terdepan untuk perubahan bangsa Indonesia. Selamat Berjuang Pahlawan Muda!!!

 

*Silakan disini untuk mengecek PERINGKAT DUNIA UNIVERSITAS INDONESIA

 

Written By : Sari Octaviani (Teknik Metalurgi UI’09)

Advertisements

2 thoughts on “Kenapa Harus Masuk UI??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s