Cewek Teknik Jagoan…

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS INDONESIA

Sebuah Fakultas dengan mata kuliah serba rumus yang diidentikkan dengan LAKI-LAKI..

Tapi toh nyatanya masih ada tu perempuan2 yang mau masuk teknik dan lulus walaupun dengan bercucuran keringat dan air mata selama prosesnya (beneran ni, gak lebay.. :D)

Kalo di tempatku sendiri (Metalurgi 2009), keseluruhan kelas reguler ada 62 orang laki2 dan cuma 18 orang perempuan.. Dan sepertinya perbandingan itu gak seberapa sama Teknik Mesin UGM yang kata temenku ada 150 orang laki2 dan cuma 3 orang perempuan.. HAHAHA… GUBRAKZZ..

Seorang senior perempuan pernah berkata,”Kalo cewek teknik belum pernah sendirian di antara gerombolan cowok teknik, berarti dia belum bisa disebut cewek teknik sejati..” Dan kenyataannya itu memang fenomena yang lazim. Dulu waktu aku praktikum Kimia Dasar, 1 kelompok ada 4 orang cowok, dan aku jadi cewek satu2nya. Begitu pula waktu praktikum kimia analitik. Di Lift sering banget nyesel di antara temen2ku yang semuanya cowok, kerja kelompok juga sama cowok2, di kelas juga pernah jadi cewek sendirian. Pokoknya minimal tu dikelilingin cowok 5 orang kalo lagi bersosialisasi di teknik. Keringanan cuma ada di toilet dan musholla.. Lainnya dipenuhi teror cowok.. haha…

Keadaan kaya gini sebenernya bisa berpengaruh sama perilaku cewek2 teknik yang notabene harus mengikuti pola belajar dan gaya hidup mereka yang cenderung lebih keras. Dari mulai cara berpakaian sampe aksesoris pun menjadi isu yang bisa bikin ketawa. Kaya misalnya waktu itu pernah ada kakak akhwat yang bikin lelucon, “Kalo jadi cewek teknik tu gak boleh aleman. Gak usah pake payung2 segala kalo cuaca panas. Baru boleh pake payung kalo payungnya ada Cap SEMEN TIGA RODA…” Agaggaga… Ngekek banget si.. Pokoknya anak teknik itu intinya harus GAGAH PERKASA, gak peduli gender.

Sebenernya aku gak bisa kalo ngikutin lifestyle kaya gitu. Waktu jalan bareng sama temen2ku aja mereka bilang penampilanku lebih mirip anak FISIP atau FIB. Katanya penampilanku terlalu feminin untuk sekelas TEKNIK. Terus kemarin kakak senior cewek dari Teknik Industri juga bilang,”Kamu kok anak metal tapi gak kaya anak metal si? (sambil menunjukkan ekspresi sangar khas anak metal.. AURRGGHHMM.. :D) Kamu itu terlalu lembut kalo mau jadi anak metal.”Aku cuma bisa ketawa2..

Jadi cewek teknik emang kayanya harus jagoan. Secara nanti kalo mau kerja di lapangan aja kaya gimana si beratnya. Tadinya aku sempet sebel sama TEKNIK, tapi lama2 bisa menyesuaikan diri secara pola pikir orang2nya, meskipun secara penampilan gak bisa :D. Aku gak pernah masang tampang jutek sama adek tingkat, aku  juga gak mau make kaos yang tulisannya SENIOR METAL UI. Tapi aku membiasakan diri buat menerima teriakan dan juga berteriak dengan semangat kalo lagi yel2 teknik “TEKNIIIIIKKK…: YAHHUUTT!!! huhihuhaha.. TEKNIK PALING JAYA!!! huhihuhaha.. TEKNI K PALING GAYA!!”.. Haha… Fakultasku mantep kalo suruh teriak2..

YEAH… BERBANGGALAH DAN BERKONTRIBUSILAH SEBAIK MUNGKIN UNTUK MAKARA BIRUMU…


Last word… Semoga perjalananku sebagai seorang muslimah di tengah2 kehidupan FTUI ini bisa berjalan lancar.. Masih ada 2,5 tahun lagi. Semoga nanti bisa lanjut pascasarjana di bidang yang tetap berhubungan sama ENGINEERING… Amin Amin Amin… HIDUP MAHASISWA.. HIDUP RAKYAT INDONESIA.. HIDUP TEKNIK UI.. HIDUP METALURGI… ^^/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s